Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Taruna Penerbangan Medan

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu program keahlian dari SMK Taruna Penerbangan Medan.

Bidang profesi ini mendalami cara – cara pengembangan perangkat lunak. Termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, hingga manajemen kualitas.

Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari (Istilah) Software engineering.

Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 ketika software engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO.

Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.

Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi, dan bisa berupa program atau prosedur.

Sedangkan program merupakan kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer.

RPL adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak.

Mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi kebutuhan pengguna, desain pengkodean, pengujian, sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Dari pengertian di atas bisa disimpulkan kalau RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer.

Pernyataan ”semua aspek produksi” pada pengertian di atas mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti:

  • Manajemen proyek
  • Penentuan personil
  • Anggaran biaya
  • Metode
  • Jadwal
  • Kualitas
  • Pelatihan pengguna

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.

Berikut ini merupakan beberapa contoh perangkat lunak:

  • Perangkat lunak aplikasi (Application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti Open Office.
  • Sistem operasi (Operating system) seperti Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (Software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi.
  • Pengendali perangkat keras (Device driver) yaitu penghubung antara perangkat keras pembantu dan komputer, yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah. Contohnya penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  • Perangkat lunak menetap (Firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (Free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (Open source software)
  • Perangkat lunak gratis (Freeware)
  • Perangkat lunak uji coba (Shareware / ‘trialware)
  • Perangkat lunak perusak (Malware)

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.

Software Desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.

Software Construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan.

Software Testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.

Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.

Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Software Engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.

Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.

Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.

Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.